Cara Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran

Lingkaran adalah kumpulan titik-titik yang berjarak sama dari suatu titik yang disebut titik pusat lingkaran. Jarak antara lingkaran dengan titik pusat lingkaran disebut jari-jari lingkaran atau radius lingkaran. Contoh bidang lingkaran dapat kita temukan pada permukaan koin, tutup silider, meja bundar, dan lain sebagainya.

 

Jari-Jari (Radius), Diameter (Garis Tengah), dan Konstanta Ligkaran (π)

  • Jari-jari lingkaran atau radius lingkaran adalah jarak antara titik pusat lingkaran ke busur lingkaran.
  • Diameter atau garis tengah lingkaran adalah garis yang menghubungkan dua titik pada busur lingkaran yang melewati titik pusat lingkaran. Diameter lingkaran = 2 x jari-jari lingkaran. Jika jari-jari lingkaran adalah 1 cm maka diameter lingkaran tersebut adalah 2 cm.
  • Konstanta lingkaran (π) adalah perbandingan antara keliling lingkaran dengan diameter lingkaran. Didefinisikan π = 22/7.

 

Rumus Menghitung Keliling Lingkaran

Untuk dapat menghitung keliling sebuah lingkaran maka harus diketahui jari-jari atau radius lingkaran tersebut. Jika sebuah lingkaran memiliki jari-jari r. Maka keliling lingkaran tersebut dapat dihitung dengan rumus berikut.

Rumus keliling lingkaran

Contohnya jika diketahui sebuah lingkaran memiliki panjang jari-jari 14 cm, maka keliling lingkaran tersebut adalah  2 x (22/7) x 14 =  88 cm.

 

Rumus Menghitung Luas Lingkaran

Untuk menghitung luas sebuah bidang berbentuk lingkaran digunakan rumus berikut.

Rumus luas lingkaran

Misalnya selembar kertas karton berbentuk lingkaran dengan jari-jari 21 cm, maka luas permukaan kertas tersebut adalah  (22/7) x 21 x 21 = 1.386 cm2