Apa Ciri-Ciri Makhluk Hidup?

Hewan adalah makhluk hidup

Pengertian Makhluk Hidup

Definisi makhluk hidup atau organisma adalah kumpulan molekul-molekul yang saling mempengaruhi sedemikian hingga berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup. Makhluk hidup mengacu pada organisma yang memiliki lebih dari satu sel.

 

Apa Saja yang Termasuk Makhluk Hidup?

Berdasarkan pengertian makhluk hidup di atas maka makhluk hidup atau organisma terdiri dari manusia, tumbuhan, hewan, dan mikro organisma.

 

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Apa yang dimaksud ciri-ciri makhluk hidup? Yang dimaksud dengan ciri-ciri makhluk hidup adalah aktivitas dan sifat yang ditunjukkan oleh makhluk hidup yang dapat digunakan untuk membedakan makhluk tersebut dengan benda mati.

Ciri-ciri umum makhluk hidup antara lain sebagai berikut.

  1. Makan
  2. Bernapas (respirasi)
  3. Bergerak
  4. Tumbuh
  5. Berkembangbiak (reproduksi)
  6. Peka terhadap rangsangan (iritabilitas)
  7. Beradaptasi
  8. Mengeluarkan zat sisa (ekskresi)
  9. Memiliki bahan genetik
  10. Memiliki sistem pengaturan (regulasi)

Tumbuhan adalah makhluk hidup

Makhluk Hidup Makan

Setiap makhluk hidup baik manusia, tumbuhan, maupun hewan memerlukan makanan. Makhluk hidup memerlukan makanan untuk menghasilkan energi, membangun sel, dan mempertahankan berlangsungnya fungsi sel dan jaringan.

 

Makhluk Hidup Bernapas

Bernapas yaitu proses menghirup oksigen dan mengeluarkan gas sisa melalui sistem pernapasan (sistem respirasi). Manusia dan hewan membutuhkan oksigen untuk menyelenggarakan metabolisma tubuh. Tanaman membutuhkan oksigen untuk melakukan fotosintesa.

 

Makhluk Hidup Bergerak

Makhluk hidup bergerak yang menunjukkan bahwa makhluk hidup tersebut memiliki aktivitas. Manusia dan hewan dapat berjalan untuk berpindah tempat. Umumnya tanaman tumbuh ke arah datangnya sinar matahari. Akar tanaman semakin panjang dan pohon semakin tinggi.

 

Makhluk Hidup Tumbuh

Makhluk hidup tumbuh dan berkembang selama hidupnya. Pertumbuhan dapat melibatkan penambahan sel, perubahan ukuran, perubahan bentuk dan lain sebagainya. Manusia, hewan, dan tanaman bertambah besar sampai ukuran tertentu dengan bertambahnya usia.

 

Makhluk Hidup Berkembang Biak

Manusia, tumbuhan dan hewan memiliki kemampuan berkembang biak untuk meneruskan keturunan. Manusia dan hewan berkembang biak dengan kawin. Sebagian tumbuhan berkembangbiak secara kawin dan sebagian lain tumbuhan berkembang biak secara tak kawin.

 

Makhluk Hidup Peka Terhadap Rangsangan

Makhluk hidup peka terhadap rangsangan sehingga dapat memberikan respon.  Manusia dan hewan dapat mendengar. Tumbuhan tumbuh ke atas untuk mendapatkan sinar matahari yang diperlukan dalam proses fotosintesa.

 

Makhluk Hidup Beradaptasi

Makhluk hidup memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Manusia berkeringat untuk mempertahankan suhu tubuh. Tumbuhan memiliki akar yang menyebar untuk mendapatkan air dan nutrisi dalam tanah serta mempertahankan batang agar tetap tegak.

 

Makhluk Hidup Mengeluarkan Zat Sisa (Ekskresi)

Zat sisa metabolisma tubuh harus dikeluarkan karena tidak diperlukan dan bahkan dapat meracuni tubuh. Manusia dan hewan mengeluarkan kotoran dan urin sebagai sisa metabolisma tubuh.

 

Makhluk Hidup Memiliki Bahan Genetik

Bahan genetik adalah komponen dalam sel makhluk hidup yang membawa sifat-sifat menurun. Bahan genetik ini memungkinkan makhluk hidup tumbuh dan berkembang mengikuti sifat induknya. Pada manusia dan hewan bahan genetik ini berupa DNA (Deoxyribonucleic Acid) dan RNA (Ribonucleic Acid).

 

Mahluk Hidup Memiliki Sistem Pengaturan (Regulasi)

Setiap makhluk hidup memiliki sitem regulasi yang mengatur keserasian fungsi sel, jaringan, dan organ. Syaraf dan hormon merupakan komponen penting dalam mengatur fungsi tubuh manusia dan hewan. Makhluk hidup memiliki sistem organisasi yang kompleks. Setiap aktivitas pada makhluk hidup dikendalikan dengan sistem regulasi.