Cara Melakukan Interpolasi Linear (Interpolasi Garis Lurus)

Interpolasi linear

Interpolasi adalah cara menentukan nilai yang berada di antara dua nilai diketahui berasarkan suatu fungsi persamaan. Interpolasi linear adalah cara menentukan nilai yang berada di antara dua nilai diketahui berdasarkan persamaan linear (persamaan garis lurus). Persamaan linear disebut juga dengan persamaan garis lurus karena jika hasil persamaan linear digambarkan pada kertas grafik maka bentuk kurvanya adalah garis lurus.

Interpolasi linear didasarkan pada teori perbandingan. Perhatikan gambar berikut.

Rumus interpolasi linear

Perbandingan jarak (X – X1) dengan jarak (X2 – X1) sama dengan perbandingan jarak (Y – Y1) dengan jarak (Y2 – Y1). Dengan cara ini setiap titik yang berada di antara dua titik diketahui memiiki hubungan linear akan dapat ditentukan dengan perhitungan menggunakan rumus interpolasi linear tersebut.

Interpolasi linear adalah salah satu jenis interpolasi yang banyak digunakan dalam berbagai bidang terutama dalam bidang matematika. Karena banyak digunakan dalam perhitungan, rumus interpolasi ini biasanya sudah tersedia dalam program-program perhitungan menggunakan software (program komputer). Berikut ini adalah contoh perhitungan suatu nilai menggunakan interpolasi linear.

Contoh soal interpolasi linear