Cara Menghitung Luas dan Keliling Segitiga

Keliling dan luas segitiga

Segitiga adalah salah satu bentuk bidang yang banyak kita jumpai pada benda-benda. Pada sebuah segitiga terdapat tiga sisi yang masing-masing sisinya dapat berbeda-beda panjangnya. Jika ketiga sisi segitiga sama, maka segitiga tersebut disebut segitiga sama sisi. Pada segitiga yang memiliki dua sisi yang sama maka segitiga tersebut disebut segitiga sama kaki.

 

Rumus Menghitung Keliling Segitiga

Untuk menghitung keliling sebuah segitiga, maka harus diketahui panjang ketiga sisi segitiga tersebut. Jika panjang sisi pertama disebut a, panjang sisi kedua disebut b, dan panjang sisi ketiga disebut c, maka keliling segitiga dapat dihitung dengan rumus:

K = a + b + c

Rumus keliling segitiga

 

Contohnya sebuah segitiga memiliki panjang sisi pertama 6 cm, sisi kedua 8 cm, dan sisi ketiga 10 cm, maka keliling segitiga tersebut adalah

K = 6 cm + 8 cm + 10 cm = 24 cm

 

Rumus menghitung Luas Segitiga

Untuk dapat menghitung luas segitiga harus diketahui panjang alas dan tinggi segitiga tersebut. Alas segitiga adalah sisi yang menjadi acuan, biasanya yang posisinya horizontal. Tinggi sebuah segitiga adalah jarak tegak lurus antara sisi alas dengan sudut puncak segitiga (dilihat dari sisi alas).

Untuk menghitung luas sebuah bidang bernentuk segitiga digunakan rumus berikut.

L = ½ a t

Rumus luas segitiga

Misalnya selembar kertas berbentuk segitiga memiliki panjang sisi alas 8 cm dan tinggi segitiga 6 cm, maka luas permukaan segitiga tersebut adalah

L = ½ x 8 cm x 6 cm = 24 cm2

 

Catatan:

Sebelum menghitung keliling atau luas sesuatu bidang segitiga maka harus dipastikan bahwa panjang sisi dan tinggi segitiga memiliki satuan yang sama.