30 Contoh Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak (Energi Mekanik)

Kipas angin

Kita sering mendengar kata “energi” dalam keseharian kita. Energi sangat penting bagi tubuh kita agar dapat melakukan aktivitas. Di alam, energi tersedia dari berbagai sumber energi seperti makanan, sinar matahari, minyak bumi, gas alam, aliran sungai, gelombang laut, atau sumber lainnya.

Sumber-sumber energi tersebut dapat dikelola agar dapat dimanfaatkan oleh manusia. Pada dasarnya pemanfaatan anergi adalah mengubah suatu bentuk energi menjadi bentuk energi lainnya. Artikel ini membahas tentang perubahan energi listrik menjadi energi gerak beserta contoh-contohnya.

 

Pengertian Energi

Definisi energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha. Tubuh kita membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas termasuk aktivitas internal di dalam tubuh (gerakan jantung, paru-paru, usus, dsb). Kita memperoleh energi dari makanan yang kita konsumsi. Tubuh kita mengubah sebagian energi kimia pada makanan menjadi energi gerak untuk melakukan aktivitas. Sebuah mobil membutuhkan energi agar bisa menggerakkan roda. Sumber energi pada mobil listrik adalah energi listrik yang diubah menjadi energi gerak (energi mekanik).

 

Hukum Kekekalan Energi

Di dalam ilmu fisika dikenal Hukum I Termodinamika yang disebut juga Hukum kekekalan energi. Hukum kekelan energi berbunyi “Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi yang lain”.

Kita mengenal beberapa bentuk energi. Beberapa bentuk energi antara energi kimia, energi listrik, energi panas, energi cahaya, energi elektromagnetik, energi bunyi, dan energi gravitasi. Secara kekekalan energi, maka suatu bentuk energi dapat diubah menjadi bentuk energi lainnya.

Salah satu bentuk energi yang paling banyak dimanfaatkan oleh manusia adalah energi listrik. Energi listrik di rumah, kita manfaatkan untuk menyalakan atau mengoperasikan alat-alat bertenaga listrik.

  • Sebuah lampu mengubah energi listrik mejadi cahaya.
  • Sebuah setrika mengubah energi listrik menjadi panas.
  • Sebuah kipas angin mengubah energi listrik menjadi energi gerak.
  • Sebuah oven microwave mengubah energi listrik meniadi energi gelombag elektromagnetik.

 

Contoh Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Mekanik (Energi Gerak)

Listrik adalah salah satu penemuan terbesar bagi umat manusia. Salah satu alasannya adalah energi listrik paling fleksibel untuk diubah menjadi bentuk energi lainnya. Listrik membantu memudahkan aktivitas manusia. Kemampuan manusia dalam mengubah energi listrik ini menghasilkan berbagai alat atau mesin modern yang bermanfaat.

Salah satu bentuk perubahan energi listrik yang banyak dimanfaatkan oleh manusia adalah perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Pada sebuah kipas angin terdapat motor listrik. Motor listrik ini mengubah energi listrik menjadi energi gerak untuk memutar kipas. Ada banyak peralatan bertenaga listrik yang memanfaatkan perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Berikut beberapa contoh alat yang bekerja beradasarkan peristiwa perubahan energi listrik menjadi energi gerak.

Mixer - bor - jam analog - drone

  1. Mixer
  2. Bor
  3. Jam analog
  4. Drone
  5. Pompa air
  6. Penyedot debu (vacum cleaner)
  7. Mobil listrik
  8. Sikat gigi listrik
  9. Blender
  10. Juicer
  11. Mesin cuci

Wiper mobil

 

  1. Wiper mobil
  2. Kipas Angin
  3. Gerinda listrik
  4. Mesin bubut
  5. Mesin pel
  6. Mobil-mobilan baterai
  7. Mesin penghancur kertas
  8. Mesin penghitung uang
  9. Blower

Eskalator

  1. Eskalator (tangga berjalan)
  2. Printer
  3. Mesin tenun
  4. Mesin jahit listrik
  5. AC
  6. Lift (elevator)
  7. ATM
  8. Palang pintu tol
  9. Pengering rambut (hair dryer)
  10. Alat cukur listrik